RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PILKADES


Pada hari Kamis tanggal 31 Oktober 2019 Pukul 09.00 Wib bertempat diruang Rapat Bupati Seluma telah berlangsung Rapat Koordinasi Pemantapan Pelaksanaan Pemiihan Kepala Desa ( Pilkades ) serentak Kabupaten Seluma Tahun 2019, Rapat dipimpin oleh Wakil Bupati Seluma SUPARTO, M.Si, yang dihadiri oleh :
1. Assisten 1 Pemkab Seluma MIRIN AJIB
2. Kabag Ops Polres Seluma KOMPOL RUDI MARWA
3. Pasi Ops Kodim 0425 Seluma KAPTEN INF TAMAM
4. Kasat Pol PP Seluma HADISANJAYA
5. Plt Kepala Dinas PMD Kab. Seluma SAPPARUDIN, S.Sos, M.Si
6. 13 Camat se Kab. Seluma

Dalam Rapat tersebut Wakil Bupati Seluma menyampaikan Setiap 6 Tahun sekali Kegiatan Pilkades ini akan terus berulang, maka dari itu setiap pelaksanaan Pemilihan kita harus lebih baik dan lebih baik lagi, Hari ini kita akan memantapkan / membahas 3 hal, yaitu Mengecek persiapan, Hari puncak dan Pasca Pelaksanaan, Hal krusial yang terjadi pada saat Penghitungan, dimana sah dan tidaknya surat suara, agar para camat benar2 mempedomani terkait sah dan tidak sahnya surat suara tersebut, tugas para camat dan Staf yaitu melakukan monitoring Persiapan, Pelaksanaan, dan Pasca Pelaksanaan.

Kabag Ops Polres Seluma dalam penyampaiannya, Polres Seluma telah menyiapkan Rencana Kegiatan Pemilihan Pilkades dari Bulan Juli s/d Bulan Desember 2019, Para Bhabinkambtibmas telah melakukan Sosialisasi Kepada Masyarakat maupun Panitia, untuk kegiatan Pilkades Polres Seluma telah melakukan Pengamanan dari Mulai Percetakan Surat Suara sampai dengan Pelipatan Surat Suara, untuk Pam Kampanye telah disiapkan Personil sebanyak 85 Orang Personil serta pada Hari H personil akan dilakukan Serpas mulai dari H-2 dengan Jumlah Personil sebanyak 128 Personil Pergerakan Kotak Suara / Pendistribusian diharapkan melibatkan TNI / Polri dan Satpol PP dalam pengamanan pendistribusian, Pelaksanaan Pelantikan Polres Seluma telah menyiapkan sebanyak 70 Personil. Diharapkan agar dapat bekerja sama demi kelancaran Pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019.

Pasi Ops Kodim 0425 Seluma menyampaikan bahwa Kodim Seluma telah melakukan Koordinasi terhadap Dinas PMD Kab. Seluma, Pihak Kodim Seluma Telah menyiapkan 100 Personil untuk Pelaksanaan Pilkades ini, Pada H-2 Pelaksanaan Kegiatan Pilkades Kodim Seluma akan melakukan Serpas Personil yang melaksanaan Pengamanan di Desa - desa.

Assisten 1 Pemkab Seluma Kepada Pihak Kecamatan pada saat Pendistribusian Logistik Pilkades agar menyiapkan Segala Kemungkinan yang akan terjadi seperti Hujan, Dokumen / Administrasi ketika pelaksanaan pemilihan harus benar - benar ditertibkan, Agar Pihak Kecamatan berkoordinasi dengan Kepolisian dalam ini Polsek diwilayahnya pada saat Pendistribusian Logistik ke Desa - desa, Diharapkan para Camat dapat memahami Peraturan tentang Pilkades ini, jangan mudah terprovokasi.

Agenda / Pembahasan yang disampaian oleh Kadis  dalam Rapat Koordinasi tersebut yaitu Tahapan - tahapan Pilkades serentak yang telah dilaksanakan oleh Dinas PMD meliputi
a. Pembentukan Panitia Pilkades tingkat Desa
b. Bimtek Panitia Pilkades tingkat Desa
c. Melaksanakqn Sosialisasi Pilkades serentak di 13 kecamatan
d. Deklarasi Danai Pilkades serentak tahun 2019
e. Pelipatan Surat Suara dan Pengisian Logistik kedalam Kotak Suara

Dalam rapat tersebut didapatkan kesepakatan Pendistribusian surat suara beserta alat kelengkapannya sesuai jadwal akan dilaksanakan dari tanggal 4 s/d 6 November 2019 dari Dinas PMD ke Kecamatan dan Desa mengambil kelengkapan Pilkades di Kantor Camat.

Waktu Pemungutan suara dimulai pukul 07.30 Wib s/d 13.00 Wib. Jika sampai dengan pukul 13.00 Wib pemungutan suara belum selesai dan pemilih sudah berada di TPS, maka Pemungutan suara tetap dilaksanakan sampai Pemilih habis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PILKADES"

Post a Comment